KETIKA INGATAN ITU KEMBALI HADIR

Assalamu'alaikum wr wb :)
Iseng iseng lagi berselancar di dunia maya, keinget sama tugas blog dulu pas smp ini, pas di buka.. weh weh weh udah bnyak kecoaknya,gak pernah ngeentri lagi nih semenjak SMA, sekarang udah kelas 3.. hmmm gapapa niatnya mau hidupin lagi blognya, biar bermanfaat, In Syaa Allah isinya tulisan ane sendiri wihii sipp lah ;)

Bicara soal ingatan nih ya,ingatan manusia bisa menyimpan banyak kenangan dari masa anak-anak hingga dewasa. Dalam kehidupan kita beraktifitas sehari-hari pun tidak lepas dari yang namanya proses mengingat.

Ingatan itu adalah suatu proses biologi, yaitu informasi diberi kode dan dipanggil kembali. Pada dasarnya ingatan adalah sesuatu yang membentuk jati diri manusia dan membedakan manusia dari mahluk hidup lainnya . Ingatan memberi manusia kemampuan mengingat masa lalu, dan perkiraan pada masa depan. Ingatan merupakan kumpulan reaksi elektrokimia yang rumit yang diaktifkan melalui beragam saluran indrawi dan disimpan dalam jaringan syaraf yang sangat rumit dan unik di seluruh bagian otak. Ingatan yang sifatnya dinamis ini terus berubah dan berkembang sejalan dengan bertambahnya informasi yang disimpan.

Soooooo, mengingat itu adalah proses dari pekerjaan  otak menyimpan informasi dan memunculkannya kembali.
Dari artikel yang ana baca sih ya.. ada 5 jenis tingkatan ingatan:

1. Ingatan jangka pendek-SEGERA,ini tempatnya informasi yang baru masuk, letaknya dibagian depan otak yang disebut lobe depan cerebral korteks.

2. Ingatan jangka pendek-KERJA,ini ibaratkan buku tulis yang kita buka di meja belajar kita,informasi ditulis, dibaca, atau dicatat dalam ingatan ini.

3. Ingatan jangka pendek-PERANTARA,ini ibaratkan kita naruh buku di lemari, kalo perlu lagi baru kita ambil. Bisa diumpamakan sebagai “recycle bin” atau tempat sampah dalam komputer, hanya bedanya komputer dapat mengkosongkannya akan tetapi ingatan kita akan selalu tersimpan.

4. Ingatan jangka panjang-KERJA,

5. Ingatan jangka panjang-ARSIP.

Ketika tidur, semua informasi jangka pendek dimasukan ke dalam ingatan jangka panjang. akan jadi ingatan apakah ingatan jangka pendek ini ?? ingatan jangka panjang-KERJA, atau ingatan jangka panjang- ARSIP?? tergantung pada pertanyaan apakah informasi ini akan kita perlukan besok atau dalam waktu dekat? jika jawabannya Ya, maka informasi tersebut disimpan dalam ingatan jangka panjang-KERJA. Jika jawabannya tidak, maka informasi tersebut disimpan dalam ingatan jangka  panjang-ARSIP.

Mungkin ada faktor kenapa ingatan kita terganggu. Faktor yang mempengaruhi kemampuan kita dalam mengingat sesuatu adalah seberapa besar minat kita terhadap informasi yang mau diingat tersebut, kemudian tidak konsentrasi dalam mengingat, serta kondisi psikologis kita.

Jadi teringat sama perkataan guru saya, "kalian akan hapal dan ingat ketika kalian anggap sesuatu itu penting."

Sip sekian dari ana, semoga bermanfaat..
Sunguh keemampuan kita untuk mengingat sesuatu sangat luar biasa,sungguh nikmat dari Tuhan Yang Maha Esa yang harus kia syukuri. Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan ? 



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Fingerprint : Teknologi Sensor Keamanan Badan Intilegent Hingga Masyarakat Umum

ALAT PERNAFASAN MANUSIA