Google Home : Smart Home Device untuk Asistenmu di Rumah






Istilah rumah pintar atau yang populer dikenal dengan Smart Home adalah istilah yang umum digunakan untuk mendefinisikan tempat tinggal yang memiliki peralatan, penerangan, pemanas, pendingin ruangan, TV, komputer, sistem audio & video hiburan, keamanan, dan sistem kamera yang mampu berkomunikasi satu sama lain dan dapat dikendalikan dari jarak jauh dengan jadwal waktu, dari ruangan mana saja di rumah, serta dari jarak jauh dari lokasi mana pun di dunia melalui telepon atau internet.

Perangkat yang populer dari smart home adalah asisten suara, pembantu pribadi yang hidup di ponsel, tablet, speaker, kotak streaming, atau perangkat lain yang terhubung ke internet. Amazon Echo Dot dan Google Home adalah dua perangkat yang eksis di sector ini. Namun saya akan mengulas salah satunya saja, yaitu Google Home.


Salah satu fenomena baru yang paling populer adalah speaker pintar atau ‘asisten’ yang merespons perintah suara.  Kata “Google Home” mungkin masih banyak yang belum mendengarnya, Google Home adalah suatu produk voice activated yang memiliki Google assistant sehingga memungkinkan untuk membantu pengguna dalam pengaturan suatu ruangan di rumah anda melalui speaker yang terkoneksi ke Wi-Fi.

Fitur yang ditawarkan oleh Google Home adalah bisa mengendalikan perangkat disekitar rumah seperti menyalakan alarm, menyalakan lampu, memberitahu schedule, play music, menanyakan informasi apapun asalkan kita menghubugkannya dengan google account kita dan tentunya masih banyak lagi fitur yang ditawarkan.


Asisten pintar Google home tidak hanya mampu menerima perintah suara, tetapi juga bisa berkomunikasi dua arah dengan pengguna karena dibekali teknologi pengenalan bahasa.
Agar bisa digunakan, pertama kali kita harus menginstal aplikasi google home pada smartphone kita dan akan dipandu seperti menginstal aplikasi biasa pada umumnya. Google Home sendiri akan bekerja dengan menggunakan internet, jadi kalau internet kita cepat maka respon dari google home akan memproses dengan cepat juga, dan kita tinggal berbicara “Ok Google”, “Hi Google”, dan “Ok Bubu” ke google home dan merequest apapun dengan bahasa inggris.



Rasanya seperti hidup dengan teknologi seperti pada film Iron Man bukan ? Dimana Tony bisa berbicara dengan rumahnya sendiri dan memberi perintah. Yap, Google Home sendiri memang bisa disebut sebagai asisten canggih dimana kita bisa memberi perintah seperti Tony difilm Iron man.



Referensi dan Sumber Gambar :
https://unsplash.com/search/photos/smarthome
https://idcloudhost.com/mengenal-lebih-jauh-tentang-google-home/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Fingerprint : Teknologi Sensor Keamanan Badan Intilegent Hingga Masyarakat Umum

ALAT PERNAFASAN MANUSIA