Fingerprint : Teknologi Sensor Keamanan Badan Intilegent Hingga Masyarakat Umum









Beberapa film bertema action dan superhero sering kali merekam adegan salah satu karakter sedang membuka ruang rahasia dengan cara tidak menggunakan kode angka, tetapi hanya perlu menempelkan jari tangan disuatu layar.
Pada dunia sehari-hari, teknologi pemindai sidik jari fingerprint recognition sudah banyak digunakan sebagai alat security sistem untuk data-data penting. Sistem keamanan ini tidak mudah dibobol, karena tidak ada manusia yang memiliki pola sidik jari yang sama.

Saat ini banyak produk smartphone mulai mengaplikasikan fitur fingerprint sebagai kode untuk mengaktifkan atau membuka kunci layar ponsel. Sistem ini sangat aman karena orang tak bisa meniru sidik jari.

Sebelum digunakan pada smartphone, teknologi ini ternyata dikembangkan pertama kali untuk kepentingan Biro Penyaelidik Federal (FBI) di Amerika Serikat. Pada tahun 1969 bekerja sama dengan Institut Nasional Standar dan Teknologi (NIST) membuat sistem identifikasi berbasis sidik jari. Enam tahun kemudian, protitipe pertama pun dipamerkan institusi tersebut.

Lalu bagaimana teknologi ini diaplikasikan pada smartphone?

Kita semua tahu bahwa manusia terlahir dengan bentuk sidik jari yang berbeda-beda. Pemberian tuhan ini membuat kita dapat mengidentifikasi tiap manusia tanpa harus takut tertukar atau termanipulasi.


Cara kerja mesin perekam sidik jari ini terbagi menjadi dua proses, yakni proses perekaman dan proses pemindaian. Saat proses perekaman, jari yang ingin disimpan data sidik jarinya di-scan dengan menggunakan mesin elektronik. Hasil scan kemudian akan disimpan pada database. Dalam database ini, Anda dapat menggabungkan hasil scan dengan informasi pegawai. Hasil scan berupa file digital yang hanya dapat diakses oleh pihak tertentu di dalam perusahaan.
Kemudian, rekaman sidik jari tersebut akan digunakan sebagai bahan pembanding saat proses pemindaian.
Jika ditemukan ketidakcocokan pada saat pemindaian, Anda patut waspada karena bisa jadi ada oknum yang tidak bertanggungjawab atau sistem Anda mengalami kerusakan.

Jenis-jenis sensor perekam sidik jari

Untuk dapat mengenali sidik jari, mesin perekam sidik jari membutuhkan sensor. Berikut ini beberapa jenis sensor yang digunakan dalam mesin perekam sidik jari:

Sensor Optik

Secara sederhana, sensor ini bekerja seperti mesin fotokopi. Ia akan melepaskan cahaya yang kemudian menyinari permukaan jari sehingga pola unik sidik jari dapat terlihat jelas dan dapat direkam.

Sensor Ultrasonik

Untuk memperoleh pola khusus pada permukaan jari, sensor ini menggunakan audio berfrekuensi tinggi yang mampu menembus lapisan kulit.
Pola khusus sidik jari akan terlihat sebagai pantulan energi suara yang kemudian ditangkap oleh alat pembaca khusus.

Sensor Panas

Sensor ini bekerja dengan membedakan panas yang ditimbulkan bagian cekung dan bagian cembung pada sidik jari manusia.
Khusus sensor yang satu ini, Anda harus menggosokkan jari pada mesin pemindai sidik jari. Jika Anda hanya menempelkannya, maka sidik jari Anda tidak akan terbaca.

Sensor Capacitive

Untuk dapat memindai sidik jari, sensor ini memanfaatkan getaran elektronik yang dihasilkan permukaan mesin sidik jari.
Dari getaran elektronik ini akan dapat diketahui bagian cekung dan cembung dari sidik jari Anda.

Kelebihan pemindai sidik jari


Mesin pemindai sidik jari memiliki beberapa kelebihan yang tidak dimiliki oleh mesin pemindai untuk absensi lainnya (mesin timeclock atau pengenal ID karyawan), di antaranya adalah:
Dapat digunakan dengan mudah, cukup dengan satu sentuhan jari saja. Cara yang tepat untuk mengenali tiap-tiap karyawan dalam perusahaan.
Sidik jari susah dimanipulasi, sehingga akan sulit melakukan kecurangan pada mesin ini. Secara teori, akan sulit untuk membobol dan meretas sistem mesin pemindai ini.
Cocok untuk orang yang mudah melupakan password atau kartu pengenal karena Anda tidak akan meninggalkan sidik jari Anda.
Sumber : Finger Scanners: What They Are And Why They Are Gaining in Popularity : https://www.lifewire.com/understanding-finger-scanners-4150464

Komentar

Postingan populer dari blog ini

ALAT PERNAFASAN MANUSIA